Prinsip-prinsip Manajemen

Berikut ini saya tuliskan prinsip-prinsip manajemen yang pernah saya pelajari saat masih kuliah di Program Studi Manajemen Universitas Negeri Manado. Dalam catatan semester satu milik saya itu menuliskan beberapa prinsip-prinsip manajemen yang tentunya
wajib kita ketahui sebagai mahasiswa. Namun sebelum itu, kita harus mengetahui tentang pengertian prinsip itu. Prinsip yang sering juga disebut kaidah adalah kebenaran fundamental atau kebenaran yang dapat dipercaya pada suatu masa tertentu, yang menjelaskan tentang dua atau lebih perangkat variabel (kejadian).
Dalam catatan saya tentang prinsip-prinsip manajemen itu menuliskan bahwa menurut Herny Fayol dalam manajemen itu memiliki 14 prinsip utama yaitu :
  1. Pembagian kerja.
  2. Wewenang yang sama dengan tanggung jawab.
  3. Disiplin.
  4. Kesatuan komando.
  5. Kesatuan pengarahan.
  6. Kepentingan individu berada di bawah kepentingan organisasi.
  7. Balas jasa yang wajar dan adil.
  8. Sentralisasi.
  9. Sistem skalar yang menunjang lancarnya komunikasi, informasi, dan koordinasi.
  10. Menempatkan pekerja sesuai dengan tingkat kemampuannya (the rigth man on the rigth place).
  11. Perlu adanya keadilan dan saling mengasihi.
  12. Perlu stabilitas jabatan pekerja, jangan berpindah-pindah dalam waktu yang pendek.
  13. Perlu inisiatif.
  14. Perlu diciptakan rasa bersatu dan senasib (esprit de-corps).

0 komentar:

Post a Comment