Pengertian Manajemen Informatika

Menurut M. Manullang (1983:15), manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
 
Menurut Georgy R. Terry, manajemen yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain. 
Menurut
Stephen P.Robbins dan Mary coulter (1999:8), mamajemen adalah mengacu pada proses mengkoordinasi danmengintegrasikan kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui usaha orang lain.

Sekarang mari kita amati sekitar kita, banyak sekali orang yang melakukan pekerjaan dengan dibantu orang lain, bahkan dikerjakan orang lain, oleh beberapa orang dengan satu tujuan. Contoh agar kita mengerti dengan mudah adalah, coba lihat di sekolah kita. Ada kepala sekolah, ada wakil kepala sekolah, pegawai tata usaha, guru-guru mata pelajaran, siswa, dan lainnya. Semua itu sedang melaksanakan Manajemen. Mereka dalam satu sistem sekolah melaksanakan pekerjaan dengan tujuan memajukan kualitas pendidikan, mencerdaskan bangsa, dan membentuk moral serta karakter siswa menjadi lebih baik.
Kesimpulannya yaitu, manajemen adalah suatu kegiatan atau seni mengatur sumber-sumber daya sebaik mungkin untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

0 komentar:

Post a Comment