Cara Memperbaiki Tombol Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi


Temen-temen semuanya pernah gak tombol keyboard laptop yang tidak berfungsi pasti kesel banget kalo kita ada keperluan untuk mengetik tugas tapi
tombol keyboard malah tidak berfungsi, nah kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam menangani tombol keyboard yang tidak berfungsi.

Penyebab tombol keyboard laptop tidak berfungsi diantaranya disebabkan karena keyboard anda kemasukan debu atau kotoran, bisa juga karena ada jalur yang putus dalam keyboard tersebut.

Cara untuk mengatasi tombol keyboard yang tidak berfungsi yaitu :
1. Bongkar keyboard laptop anda
2. Bersihkan keyboard menggunakan kuas
3. Lalu coba di tepuk-tepuk ke tangan anda, hati-hati jangan telalu keras. hal ini berfungsi agar kotoran yang nyangkut di sela-sela tombol keyboard bisa jatuh.
4. Gosok-gosok pin pada kabel keyboard dengan tangan, atau tissue. pastikan tangan anda kering
5. Coba pasang kembali keyboard anda, kemudian di tes lagi apakah keyboard anda sudah berfungsi dengan baik.

Jika masih tetap tidak berhasil, bisa saja ada jalur timah yang terputus di keyboard anda. Untuk memperbaiki keyboard yang putus jalur sangat sulit, karena anda harus membuka semua tombol keyboard satu-persatu kemudian mengecek jalur yang terputus dengan alat pengukur tegangan listrik. Jika jalur yang terputus sudah ketemu anda harus menyambung jalur tersebuat dengan cairan timah khusus menggunakan jarum, anda harus hati-hati dalam menyambung jalur ini agar tidak terjadi konsleting. Setelah menyambung jalur kemudian anda rakit kembali tombol keyboard satu-persatu.

Ribet ya ??
saran saya kalo misalnya sudah terjadi putus jalur, lebih baik keyboard anda di ganti saja dengan yang baru.
Untuk tombol keyboard apa saja yang tidak berfungsi, kita bisa menggunakan aplikasi keyboardtestportable. aplikasi ini bisa anda cari di google.

1 komentar: